Jumat, 25 Maret 2011

cakra

1. Cakra Dasar (Muladara)
Cakra dasar berhubungan dengan badan fisik terletak di dasar tulang punggung yaitu di ujung tulang ekor. Cakra dasar diasosiasikan dengan warna merah muda & mempunyai 4 lembar daun. Cakra dasar merupakan pusat energi dari tubuh fisik, kehidupan materi & keinginan untuk hidup. Cakra dasar yang aktif maka seseorang akan cenderung untuk hidup dengan penuh semangat & motivasi & sebaliknya cakra dasar yang kecil, kotor & terhambat maka akan hidup bermalas-malasan tanpa semangat bahkan memiliki kecenderungan untuk mudah putus asa bahkan bunuh diri.

2. Cakra Sex (swadistan)
Cakra seks terdapat pada tulang pelvis. Cakra sex diasosiasikan dengan wana oranye & memiliki 6 lembar daun. Cakra seks berhubungan dengan penciptaan atau reproduksi & mempengaruhi aktivitas seksual seseorang. Cakra seks berkaitan erat dengan cakra tenggorokan yang berfungsi dalam penciptaan kreativitas atau ide. Seseorang dengan Cakra seks yang bersih dan aktif akan memiliki pikiran yang lebih positif serta percaya diri. Sebaliknya seseorang akan menjadi tidak perduli, kasar, berpikir negative (kurang kreatif), termasuk seks menyimpang jika cakra seksnya kotor & terhambat.

3. Cakra Pusar (Manipura)
Pusat energy ketiga berhubungan dengan tubuh fisik terletak di pusar & amat penting dalam mempertahankan vitalitas seseorang. Diasosiakan dengan warna kuning & memiliki 10 lembar daun. Cakra pusar berkaitan erat dengan sifat-sifat yang membawa kecenderungan seperti iri hati, rasa malu, tidak puas, murung, benci & takut (kekurangan rasa aman). Seseorang dengan cakra pusar yang berkembang & bersih maka akan dapat mengatasi hal-hal seperti tersebut di atas & mengubahnya menjadi suatu yang positif seperti rasa aman, puas, gembira, nyaman & percaya diri.

4. Cakra Jantung (Anahata)
Pusat energy keempat berhubungan dengan tubuh fisik terletak di dada. Diasosiasikan dengan warna hijau dengan 12 lembar daun. Cakra jantung adalah cakra yang amat penting dalam spiritual karena dihubungkan sebagai lambing cinta kasih & penyembuhan. Secara fisik cakra jantung mengatur jantung & kelenjar thymus. Cakra jantung merupakan pusat dari seluruh perasaan halus seperti kasih sayang & cinta kasih. Seseorang dengan cakra jantung yang kecil, kotor atau terhambat akan memiliki kecenderungan egois, sombong, fanatic, tamak/rakus, munafik, & gelisah. Sedangkan cakra jantung yang berkembang dengan baik menyebabkan seseorang penuh dengan rasa cinta kasih & kasih sayang serta dapat berempati terhadap sesama.

5. Cakra Tenggorokan (Visudhi)
Pusat energy ke lima terletak tenggorokan & diasosiasikan dengan warna biru muda & memiliki 16 lembar daun. Secara fisik cakra ini memberikan energy kepada kelenjar thyroid & parathyroid. Cakra ini merupakan pusat penciptaan yang lebih tinggi (kreativitas) & hubungan antar manusia. Seseorang dengan cakra tenggorokan yang berkembang akan memiliki pengertian yang mendalam mengenai hubungan antar sesame sehingga mempunyai hubungan yang baik dengan sesamanya. Kemampuan untuk berekspresi secara lisan juga dipengaruhi oleh cakra ini. Cakra jantung yang yang bersih & terhubung dengan cakra tenggorokan yang bersih pula akan mengakibatkan seseorang akan dapat mengekspresikan seluruh isi hati dengan baik. Sifat-sifat yang berkenaan dengan cakra tenggorokan yang berkembang dengan baik antara lain adalah kepasrahan, keberhasilan, kelimpahan & kesejahteraan serta pengembangan pengetahuan duniawi.

6. Cakra mata ke tiga (Ajna)
Pusat energy ke enam berhubungan dengan tubuh fisik yang terletak di antara ke dua mata. Diasosiasikan dengan warna biru tua atau nila. Cakra ini memberikan energy ke kedua mata, hidung & kelenjar pituitary. Disebut cakra mata ketiga karena cakra yang berkembang aktif & bersih dapat memberikan pewaskitaan (clairvoyance) atau kekuatan psikis lainnya. Selain pewaskitaan, cakra ini merupakan titik pemusatan & pengatur dari cakra-cakra di bawahnya. Maka dari itu cakra ini sering disebut pula berkaitan erat dengan pengetahuan duniawi & pengetahuan surgawi (spiritual). Seringkali manusia yang telah mencapai taraf kewaskitaan terpesona oleh sensasi tersebut & lupa akan tujuan utamanya & lama terhambat pada kesadaran di tahap ini.

7. Cakra mahkota (sahasrara)
Pusat energy ke tujuh berhubungan dengan tubuh fisik terletak di ubun-ubun. Cakra ini adalah pusat masuknya energy Illahi ke seluruh lapisan tubuh & kesadaran. Seseorang yang cakra mahkotanya berkembang secara sempurna akan banyak mengetahui rahasia alam. Menjaga agar cakra ini selalu bersih amatlah penting agar energy spiritual dapat diterima secara terus menerus oleh seluruh tubuh. Cakra mahkota yang terbuka dengan lebar maka seseorang dapat melakukan perjalanan astral dengan lebih mudah.

Cara menangkal Santet dengan hukum fisika

Cara menangkal Santet dengan hukum fisika
Berbagai penyelidikan pun telah banyak dilakukan ilmuwan terhadap fenomena santet dan sejenisnya. Tentu metode penelitian para ilmuwan agak berbeda dengan agamawan. Jika para agamawan memakai rujukan dalil2 kitab suci (ayat kitabiyah), maka para ilmuwan menggunakan ayat kauniyah (alam semesta) untuk menyelidiki santet ini. Penyelidikan menggunakan ayat kauniyah tentunya harus memiliki metode yang s ifa tnya ilmiah, mulai dari mencari kasus2 santet, tipe2 santet, gejala, akibat dlsb. Lalu kemudian dilakukan berbagai eksperimen untuk penyembuhannya. Salah satu kesimpulan/pendapat yang mengemuka adalah santet itu sebenarnya adalah energi. Kenapa dalam kasus santet bisa masuk paku, kalajengking, penggorengan dll bisa dijelaskan melalui proses materialisasi energi.

Nah, santet dan mahluk halus itu ternyata energi yang bermuatan (-). Bumipun ternyata memiliki muatan (-). Dalam hukum C Coulomb dikatakan bahwa muatan yang senama akan saling tolak menolak dan muatan yang tidak senama justru akan tarik menarik. Rumusnya :

F = K * ((Q1*Q2)/R^2)
F = gaya tarik menarik
K = Konstanta
Q1, Q2 = muatan
R = jarak

Nah karena demit alias mahluk halus dan bumi itu sama-sama bermuatan (-) makannya para demit itu tidaklah menyentuh bumi. Orang tua jaman dulu juga sering mengingatkan jika bicara dgn orang yg tidak dikenal pd malam hari maka lihatlah apakah kakinya menapak ke bumi atau tidak. Jika tidak maka ia berarti golongan mahluk halus.

Begitu juga dengan santet yang ternyata bermuatan (-) maka secara fisika bisa ditanggulangi atau ditangkal dengan hukum C Coulomb ini. Saya tidak membahas metode melawan santet dengan zikir karena sudah banyak dibahas tapi saya menawarkan alternatif lainnya yg bisa bersifat “standalone” (utk non muslim) maupun digabungkan dgn zikir (utk muslim).

Beberapa Metodenya :

Cara 1
Tidurlah dilantai yang langsung menyentuh bumi. Boleh gunakan alas tidur asal tidak lebih dari 15 Cm. Dengan tidur dilantai maka santet kesulitan masuk karena terhalang muatan (-) dari bumi.

Cara 2
Membuat alat elektronik yang mampu memancarkan gelombang bermuatan (-). Mahluk halus, jin, santet dll akan menjauh jika terkena getaran alat ini. Tapi Kelemahan alat ini tidak mampu mendeteksi mahluk baik dan jahat. Jadi, alat ini akan “menghajar” mahluk apa saja. Jika ada jin baik dan jin jahat maka keduanya akan “diusir” juga.

Cara 3
Melakukan gerakan senam khusus dimana tapak kaki harus menyentuh bumi. Gerakan senam ini hanya punya satu gerakan inti saja jadi mudah sekali dilakukan oleh anak2 hingga orang tua. Selain utk penyembuhan berbagai penyakit medis yg sulit sembuh, senam ini cukup banyak menyelesaikan kasus santet juga. Ini murni senam, tanpa mantra atau pernafasan khusus.

Cara 4
Menanam pohon atau tanaman yang memiliki muatan (-). Bagi yang peka spiritual, aura tanaman ini adalah terasa “dingin”. Pohon yang memiliki muatan (-) diantaranya : dadap, pacar air, kelor, bambu kuning dll. Tanaman sejenis ini paling tidak disukai mahluk halus. Biasanya tanaman bermuatan (-) ini tidaklah mencengkram terlalu kuat di tanah (bumi) dibandingkan dengan tanaman bermuatan (+)

Lain halnya dengan pohon yang memiliki muatan (+) seperti pohon asem, beringin, belimbing, kemuning, alas randu dll maka phohon sejenis ini tentu akan menarik mahluk halus dan seringkali dijadikan tempat tinggal. Hal ini dikarenakan ada gaya tarik menarik antara pohon (+) dan mahluk halus (-) sesuai hukum C Coulomb.

Kamis, 17 Maret 2011

heeee

Kumpulan Mantera-mantera Pelet!! 3
Buat loe yang punya buluh perindu atau mani gajah, gue punya mantra pengaktipan kekuatan peletnya dari tanah pasundan nich... Gue dapet mantra ini dari sesepuh sunda yang masih keturunan eyang kian santang.

BUat Mbah dalem karawang Saya ucapkan terimakasih atas ilmunya yang bisa gu sebarkan disini agar manfaat buat banyak orang, mohon restunya...

DEULEU AING DEULEU TEUTEUP
DI DEULEU KA JALMA ETA
HEUNTEU HURING HEUNTEU SEUREUP
SEUREUPKENEH KA BADAN KURING
YA HULLOH YAHULLOH YA HULLOH

Masukan buluh perindu/mani gajah kedalam botol minyak wangi non alkohol.
Baca mantra tsb pada tengah malam bulan purnama 99x sambil pegang batol tsb.
Minyak dapat digunakan dgn mengoleskan ditelapak tangan dan dikedua belah alis pada saat dibutuhkan dgn baca matra tsb 1x.
Posted by Article Google Adsense at 11:27 PM 0 comments
Labels: Mantra Gratis
Kumpulan Mantera-mantera Pelet!! 2
Ilmu yang satu ini sdh seringkali gue coba dan sdh banyak di praktekin juga oleh kalangan paranormal ngetop ditanah air, kalo ada yang mau coba selamat mencoba aja dech...

Siapin beras ketan hitam sebanyak 1 genggam, terus baca mantra dibawah ini kemudian ditaburkan ditampat yang dilewati orong yang dituju.

Owah gingsir sifating urip, kang owah mung katresnanku manjing dadi sawiji sajiwo lan sarogo, kalayan jiwo rogone si.... anak turune kanjeng nabi adam, ora pisah salawase gesang.

Mantra ini dibaca 11x dilakukan 3x berturut turut selama 3hari
Posted by Article Google Adsense at 11:26 PM 3 comments
Labels: Mantra Gratis
Mantera-mantera Pelet!! 1
Doa ini dibaca setelah melaksanakan sholat hajat 4 rokaat dengan 2x salam, dijalankan selama 7hari berturut turut.

Allahummaj 'alni mahbuban fi qulubil..... Fabasyirni wabil ghoni, ilammi'atin wa isyrina sanaa fallahu khoirun hafiza wahuwa yaa arhamar rohimiin.

dihari ke 8 temui orang tsb dan nyatakan perasaan loe dijamimin diterima dech...
kalo gak percaya coba dikerjain, n buktiin hasilnya...

insya allah bermanfaat.

Ini kang Mahesa mau ngomong :
(ilmu ini gue peroleh dari mursyid gue yang dah lama gak ketemu, sebenernya gue pengen banget ketemu beliau lagi. Ada yang tau info tantang beliau KI ROGO SEJATI gak...)
Posted by Article Google Adsense at 11:25 PM 0 comments
Labels: Mantra Gratis
pelet merica
pelet merica sama seperti pelet pentol korek, pelet leunca?
mudah2an sama deh hasilnya.

mantranya :
Man Pajaro Ghoiro Khosiroh (baca terus sampai misi selesai)

cara kerjanya :
pelintir biji merica, batang korek api, buah leunca dengan jari telunjuk dan jempol (kode duit) .sambil membaca mantra "Man Pajaro Ghoiro Khosiroh" sampai jari berkeringat (tandanya korban akan gelisan dan juga berkeringat di kemaluanya).
apabila sudah saatnya biji merica, buah leunca di pijit sampai pecah (buah leunca akan keluar lendir) dan untuk batang korek api dipatahkan dengan jari.
tindakan tersebut akan membuat sang korban klimaks atau orgasme.

setahu saya itu bukan pelet bener apa yg di katakan rekan2 diatas, untuk mengerjai orang yg kita sebelin dan bukan pelet.

selamat mencoba.
Posted by Article Google Adsense at 11:22 PM 3 comments
Labels: Buat Rangsang Cewek, Gelintir Mrica
Mantra Glintir Mrica

oleh: MUHAR OMTATOK

Mantera adalah kata dalam Bahasa Sansekerta yang makna aslinya berarti Pesona. dalam perkembangannya, Mantera bisa bermakna Sesuatu bunyi suara, gerak, rasa dan/atau fikir yang diyakini bisa menghasilkan metaenergi jika diucapkan, digerakkan, dirasa dan diolah fikirkan oleh orang yang menguasainya, sehingga masuk ke dalam alam pikiran sadar maupun bawah sadar serta sistem syaraf. Mantra bisa didapat dari sumber agama, ilham atau diciptakan oleh manusia dan lainnya yang memiliki kelayakan.Alix Needham, seorang specialist advisor on stress to the National Council of Hypnotherapists di Inggeris, menyarankan agar Anda menciptakan mantra keberuntungan sendiri. “Mulai dan akhiri setiap hari dengan mengulangi pernyataan yang membuat Anda selalu merasa positif. Misalnya, ‘Hal-hal baik pasti mendatangi saya.’ Jadikan itu sebagai mantra. Jika Anda sering mengatakannya, maka akan merasuk ke alam bawah sadar dan bersenyawa dengan tubuh Anda. Otomatis, cara Anda berinteraksi pun ikut berubah.”Untuk membuat sebuah mantra, dibutuhkan Olah Kognitif, Olah Afektif, Olah Psikomotorik yang mendalam dan totalitas secara sugestif atau laku spiritual sehingga tercipta metaresonansi antara fikiran-tubuh, kondisi sadar, bawah sadar dengan Kausa Prima yang kita yakini.

Berikut contoh Beberapa Mantera:

1. Ada salah satu Mantera Jawa, yang bisa digunakan dengan bahan merica.
Dilakukan dengan laku puasa beberapa hari (biasanya dalam jumlah ganjil diatas tiga hari), malam harinya plintir-plintirlah merica dengan jari manis dan jempol sampil membayangkan ‘onderdil’ tertentu dari sidia. Apabila laku puasa ini sudah dikerjakan, bisa juga dibacakan langsung manteranya didepan sidia sambil tetap memplintir-plintir merica dengan jari manis dan jempol. Reaksinya, biasanya akan memancing libido sidia…selanjutnya terserah anda. Manteranya:

BISMILLAAHIR RAHMAANIR RAHIIM.ASSALLAHU AN YA’KUFFA BA’SAN WA ASYADDU TANKIIL, WA KULLU AMRIN DZI BAALIN MIN SHAHBIHII WA AHBAABIHII MINAL KHAIRI, DZIKRULLAAHI”. NIAT INGSUN AMATEK AJI AJIKU, SUN SEBULAKE ING PUCUK RAMBUTE SI…. LUWIH BRANTANE SI… MUGI-MUGI ASIH DUMATENG KULO.

2. Ada pula Mantera Melayu Asahan di Sumatera yang mepergunakan merica, berfungsi untuk pelet. Lado Putar.
Caranya: mengasapi merica dengan asap setanggi timur, merica selama diasapi diletakkan didalam uncang kecil berwarna kuning yg diikat benang 3 warna, kuning, hitam, putih. jumlah merica sebanyak 7 buah. selama diasapi dibacakan mantera berkali-kali.


Setelah diasapi keluarkan mantera dari dalam uncang, lalu letakkan di telapak tangan kiri. Plintir-plintir merica yang ada di telapak tangan kiri tadi dengan tangan kanan dan bacakan mantera. Sidia akan terus mimpi basah bersama anda selama sidia belum anda miliki Manteranya:

BISMILLAAHIR RAHMAANIR RAHIIM. LADOKU LADO BATURAI, TETANCAP GELAGO DEK BONANG SAMBAU, KASIH ENGKAU TAUTAN HATI, TETANCAP RAGOKU DLM BONAK KOCIK ENGKAU. MARI SI…POLUK BIRAHIKU, MARI SI…BESEBADAN DEK AKU, TEKONANG ENGKAU SABAN HARI DEK AKU, ELOK RUPOKU SODAP HARUMKU DEK ENGKAU, TEPANCUT ENGKAU SABAN MALAM TEKONANGKAN AKU. MAKBUL DOA PENGAJAR GURUKU, MUSTAJAB KEPADO SI…. KABUL ALLAH, KABUL MUHAMMAD, KABUL BAGINDI RASULULLAH, BERKAT LAA ILA HAILLALLAH
Posted by Article Google Adsense at 11:13 PM 1 comments
Labels: Buat Rangsang Cewek, Gelintir Mrica

Bismillahirrohmanirrohim

Dengan ini saya mengijazahkan Reiki Kunci 7 Kalimat Pusaka


1. Kunci 7 Kalimat pusaka

1. Audzu billahiminasysyaitonirrojim
2. Bismillahirrohmanirrohim
3. Alhamdulillahirobbil alamin
4. Asyhadu ala ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadurrasulullah
5. Allahumma sholli wasallim wa barik ala sayyidina Muhammadi wa ala alihi wa sohbihi ajma’in
6. Subhanallah wal hamdulilah wa la ilaha illallah wallahu akabar wa la haula wa la quwwata illa billahil aliyyil adzim
7. astagfirullahal adzimal gofururrohim min kulli dzanbil adzim wa atubu ilaihi min jami’il ma’asyi wadz dzunub.

Tawasul kepada :
1. Nabi Muhammad SAW
2. Syeikh Abdul Qodir Jaelani
3. Nabi Khidir AS
4. Sayyidina Ali Karromallah wajhah
5. Ibu dan Bapak
6. Man Ajazani ilal muntaha.

2. Doa’ Tawakal Ahadi
“Bismillahi wa shollallahu ala sayyidina muhmamad wa ala ali muhammad
Hasbiyallahu dini, Hasbiyallahu lima ahammani,
Hasbiyallahu liman dzolamani, Hasbiyallahu liman hasadani,
Hasbiyallahu liman kadani bisyu’, Hasbiyallahu liman bago ‘alayya
Hasbiyallahu ‘indal mauti, Hasbiyallahu ‘indal mas’alati fil qobri
Hasbiyallahu ‘indal mizani, Hasbiyallahu ‘indash shiroti
Hasbiyallahu la ilaha illa huwa alaihi tawakaltu wa ilaihi unib”
(ulang sebanyak 7x)

Sija’il, ‘Ila il, Uro il, Aburhani
Bihaqqi Jibril Alaihissalam
Bihaqqi Mikail Alaihissalam
Bihaqqi Isrofil Alaihissalam
Bihaqqi ‘Izroil Alaihissalam
Innahu Min Sulaiman Wa innahu Bismillahirrohmanirrohim alla ta’lu alayya wa’tuni muslimin.
(ulang 7 x)

ambil segelas air, lalu taruh di depan anda. lalu meditasi

3. Posisi meditasi
Ucapkan afirmasi :
“Saya sekarang menerima barokah kunci 7 kalimat pusaka dan tawakal ahadi dengan memohon keberkahan, bimbingan, bantuan dan perlindunganMu ya Allah, terjadilah dengan izin Allah.”

Diam dan pasrahkan jasmani dan rohani selama 30 menit, jangan berhenti sebelum 30 menit, biarkan energi gaib ilahi masuk ke tubuh anda dan biarkan ia membersihkan energi energi negatif tubuh anda, mengobati seluruh tubuh anda, dan mempertajam semua indera anda .

* akan lebih baik sebelum penyelarasan santuni anak yatim seikhlasnya lalu sholat hajat 2 rakaat. agar ilmu yang kita terima benar-benar barokah.
Untuk teman-teman yang ingin melakukan penyelarasan, anda hanya tinggal baca amalan yang pernah saya berikan, dan siapkan air, dan setelah selesai diminum dan dibasuh ke muka dan ubun2, semoga manfaat...Amin,

Rabu, 16 Maret 2011

manfaat air seperma

1.Air sperma ternyata lebih bernutrisi ketimbang susu penuh (whole milk) karena tidak mengandung kolesterol dan rendah lemak.

2.Air sperma dapat memperbaiki sirkulasi darah dan dikenal mampu membersihkan saluran pencernaan.

3.Air sperma tidak hanya akan membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih baik, tetapi juga membantu tubuh melawan beberapa jenis virus penyebab penyakit.

4.Jika Anda mengidap penyakit batu ginjal, biasakanlah meminum air sperma secara rutin. Kebiasaan meminum air sperma akan mambantu memecah batu ginjal dan memudahkan mereka keluar dari tubuh.

5.Air sperma juga dikenal sejak dahulu dapat menyembuhkan gangguan saluran kencing? Segelas air sperma akan meredakan rasa sakit akibat susah kencing.

6.Jika Anda masih merasa pusing karena mabuk, tak ada yang bisa memulihkannya dengan cepat selain mengonsumsi air sperma.

7.Air sperma yang rasanya lembut sangat kaya akan elektrolit dan potassium . Potassium dapat membantu tubuh mengatur tekanan darah dan fungsi organ jantung

8.Air sperma dapat mempercepat naiknya trombosite bagi penderita DBD dan menurunkan demam (trombosit turun karena dipakai untuk mencegah pendarahan,karena demam tinggi mengakibatkan pengentalan darah,dan pori"pembuluh darah membesar

usil

Nah ini saya khusus kasih buat Rakyat II yang emang butuh mantera-mantera pelet. ini adalah sedikit koleksi yang dimiliki oleh temen saya, saya udah coba memakai salah satunya dan berhasil. Saya rasa ini terserah anda mau pakai apa gak, yang jelas ilmu-ilmu kayak gini kalo minta langsung sama dukunnya bakalan dikasih harga mahal. Sedangkan saya?? Memmberikannya secara cuma-cuma. dan jangan lupa reputasinya dong!



Doa ini dibaca setelah melaksanakan sholat hajat 4 rokaat dengan 2x salam, dijalankan selama 7hari berturut turut.

Allahummaj 'alni mahbuban fi qulubil..... Fabasyirni wabil ghoni, ilammi'atin wa isyrina sanaa fallahu khoirun hafiza wahuwa yaa arhamar rohimiin.

dihari ke 8 temui orang tsb dan nyatakan perasaan loe dijamimin diterima dech...
kalo gak percaya coba dikerjain, n buktiin hasilnya...

insya allah bermanfaat.

Ini kang Mahesa mau ngomong :
(ilmu ini gue peroleh dari mursyid gue yang dah lama gak ketemu, sebenernya gue pengen banget ketemu beliau lagi. Ada yang tau info tantang beliau KI ROGO SEJATI gak...)



---------------------------------------------------------------------------




Ilmu yang satu ini sdh seringkali gue coba dan sdh banyak di praktekin juga oleh kalangan paranormal ngetop ditanah air, kalo ada yang mau coba selamat mencoba aja dech...

Siapin beras ketan hitam sebanyak 1 genggam, terus baca mantra dibawah ini kemudian ditaburkan ditampat yang dilewati orong yang dituju.

Owah gingsir sifating urip, kang owah mung katresnanku manjing dadi sawiji sajiwo lan sarogo, kalayan jiwo rogone si.... anak turune kanjeng nabi adam, ora pisah salawase gesang.

Mantra ini dibaca 11x dilakukan 3x berturut turut selama 3hari



---------------------------------------------------------------------------



Buat loe yang punya buluh perindu atau mani gajah, gue punya mantra pengaktipan kekuatan peletnya dari tanah pasundan nich... Gue dapet mantra ini dari sesepuh sunda yang masih keturunan eyang kian santang.

BUat Mbah dalem karawang Saya ucapkan terimakasih atas ilmunya yang bisa gu sebarkan disini agar manfaat buat banyak orang, mohon restunya...

DEULEU AING DEULEU TEUTEUP
DI DEULEU KA JALMA ETA
HEUNTEU HURING HEUNTEU SEUREUP
SEUREUPKENEH KA BADAN KURING
YA HULLOH YAHULLOH YA HULLOH

Masukan buluh perindu/mani gajah kedalam botol minyak wangi non alkohol.
Baca mantra tsb pada tengah malam bulan purnama 99x sambil pegang batol tsb.
Minyak dapat digunakan dgn mengoleskan ditelapak tangan dan dikedua belah alis pada saat dibutuhkan dgn baca matra tsb 1x.



---------------------------------------------------------------------------


AJI JARAN GOYANG

Sebenarnya aji jaran goyang ada 5 tingkatan, gue tulis n gue jelasin satu persatu yach..

A. Mantra

NIYAT INGSUN AMATEK AJIKU SIJARAN GOYANG.
TAK GOYANG ING TENGAH LATAR, CEMETIKU SODO LANANG
UPET UPET KU LEWE BENANG.
TAK SABETAKE GUNUNG JUGRUG WATU GEMPUR
TAK SABETAKE SEGORO ASAT
TAK SABETAKE OMBAK GEDHE SIREP
TAK SABETAKE ATINE SI.........
PET SIDHO EDAN ORA EDAN SIDHO GENDENG ORA GENDENG
ORA MARI MARI YEN ORA INGSUN SING NAMBANI.

Pelet ini termasuk jenis pelet langka, penggunaannya harus dengan pengijasahaan agar jika ingin menarik kembali ilmunya dapat dilakukan oleh guru yang mengijasahkannya.

B.Tata cara

Lakukan puasa mutih selama 7 hari dgn mutih ngepel, maksudnya tiap buka hanya makan 3 kepal nasi putih dan 1 gelar air putih.
mantra dibaca pada saat tengah malam 11x, terbit fajar 21x, tenggelam matahari 41x.
pada saat baca mantra bayangkan orang yang dimaksud atau sambil menatap foto orang tsb.
Malam terakhir mantra dibaca pd tangah malam sebanyak 111x.

Pada saat menjalankan ajian ini tiap malam target akan akan dihampiri bayangan ruh suci laduni yang menjalankan. Dihari terakhir target akan sangat tergila gila.

Bila sudah spt ini target harus dinikahi karna bisa gila beneran jika diputuskan begitutu saja.

Saya ijasahkan ilmu ini pada para sahabat WG.
JIka ada yang kurang jelas silahkan tanyakan langsung sblm menjalankan....

Sekali lagi...selamat mencoba....


---------------------------------------------------------------------------


ALLAHUMA SAHIRLI KOLBA ....... SAHARTA ZIBALI SULAIMAN ALAIHISALAM
WALIYIN KOLBAHU KAMALAYANTAL HADIDA LIDAUDA ALAIHISALAM
BIROHMATIKA YA ARAHAMAN RAHIMIN


ket : Dibaca waktu tengah malam 111x atau 313x, visualisaikan agar dia dekat dan baik dg anda, Selamat mencoba

posisi tidur menurut islam

slam itu agama/dien yang sempurna, tidak ada dien yang lain yang bisa menandinginya walaupun cuma secuil. Didalam Islam, semua hal diatur dari bangun tidur sampai kita tidur kembali. Kali ingin pengen mengangkat topic tentang pandangan Islam tentang posisi tidur, suddenly come on my mind . Kalau kita ingin melihat cara pandang Islam terhadap suatu topik sebenarnya cukup simple, cukup simple karena kita tinggal menteladani perilaku baginda Rasulullah SAW dalam kesehariannya, termasuk tidur. Nah ini ada beberapa hadits panduan nya :

1. Kita sebaiknya tidur dalam keadaan sudah berwudhu, sebagaimana hadits: “Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat.” (HR. Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710).

2. Sebelum tidur, hendaknya mengibaskan tempat tidur (membersihkan tempat tidur dari kotoran). Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW : “Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan ‘bismillah’, karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi.” (HR. Al Bukhari No. 6320, Muslim No. 2714, At-Tirmidzi No. 3401 dan Abu Dawud No. 5050).

3. Untuk posisi tidur, sebaiknya posisi tidur di atas sisi sebelah kanan (rusuk kanan sebagai tumpuan). Tidak menjadi masalah jika pada saat tidur nanti posisi kita berubah ke atas sisi kiri. Hal ini berdasarkan sabda Rosululloh: “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710). “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya.” (HR. Abu Dawud no. 5045, At Tirmidzi No. 3395, Ibnu Majah No. 3877 dan Ibnu Hibban No. 2350).

4. Ada yang berpendapat bahwa posisi tidur diusahakan agar kepala menghadap ke Utara dan kaki mengarah ke Selatan, sehingga tubuh tidak menolak arus/medan magnet konstan yang mengaliri sekujur tubuh dari kutub magnetik Utara menuju ke Selatan. Untuk yang satu ini masih berupa saran/pendapat, saya belum menemukan haditsnya.

5. Apabila merasa gelisah, risau, merasa takut ketika tidur malam atau merasa kesepian maka dianjurkan sekali baginya untuk berdoa sebagai berikut: “A’udzu bikalimaatillahi attammati min ghadhabihi wa ‘iqaabihi wa syarri ‘ibaadihi wa min hamazaatisysyayaathiin wa ayyahdhuruun.” Yang artinya “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, siksa-Nya, dari kejahatan hamba-hamba-Nya, dari godaan para syaitan dan dari kedatangan mereka kepadaku.” (HR. Abu Dawud No. 3893, At-Tirmidzi No. 3528 dan lainnya).

6. Pada saat tidur tidak boleh telanjang berdasarkan hadits berikut : “Tidak diperbolehkan tidur hanya dengan memakai selimut, tanpa memakai busana apa-apa”. (HR. Muslim).

7. Laki2 dengan laki2 atau wanita dengan wanita tidak boleh tidur dalam satu selimut seperti hadits berikut : “Tidak diperbolehkan bagi laki-laki tidur berdua (begitu juga wanita) dalam satu selimut”. (HR. Muslim).

8. Setelah bangun tidur, disunnahkan mengusap bekas tidur yang ada di wajah maupun tangan berdasarkan hadits berikut : “Maka bangunlah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dari tidurnya kemudian duduk sambil mengusap wajah dengan tangannya.” [HR. Muslim No. 763 (182)].

9. Jika bermimpi buruk, jangan sekali-kali menceritakannya pada siapapun kemudian meludah ke kiri tiga kali (diriwayatkan Muslim IV/1772), dan memohon perlindungan kepada Alloh dari godaan syaitan yang terkutuk dan dari keburukan mimpi yang dilihat. (Itu dilakukan sebanyak tiga kali) (diriwayatkan Muslim IV/1772-1773). Hendaknya berpindah posisi tidurnya dari sisi sebelumnya. (diriwayatkan Muslim IV/1773). Atau bangun dan shalat bila mau. (diriwayatkan Muslim IV/1773).

10. Bersiwak setelah bangun berdasarkan hadits berikut : “Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bangun malam membersihkan mulutnya dengan bersiwak.” (HR. Al Bukhari No. 245 dan Muslim No. 255).

11. Beristinsyaq dan beristintsaar (menghirup kemudian mengeluarkan atau menyemburkan air dari hidung). “Apabila salah seorang di antara kalian bangun dari tidurnya, maka beristintsaarlah tiga kali karena sesunggguhnya syaitan bermalam di rongga hidungnya.” (HR. Bukhari No. 3295 dan Muslim No. 238).

12. Mencuci kedua tangan tiga kali, berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam: “Apabila salah seorang di antara kamu bangun tidur, janganlah ia memasukkan tangannya ke dalam bejana, sebelum ia mencucinya tiga kali.” (HR. Al-Bukhari No. 162 dan Muslim No.278).

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa posisi tidur yang paling baik adalah bertumpu pada sisi kanan tubuh (menghadap ke kanan), dan ternyata hal ini sesuai dengan riset ilmiah yang telah dilakukan oleh beberapa orang. Berdasarkan riset ilmiah, posisi tidur seperti ini lebih menyehatkan daripada tiga posisi yang lain, yaitu tidur telentang , tengkurap, dan tidur dengan bertumpu pada sisi kiri tubuh.

Posisi Telentang : Tidur berbaring dengan posisi telentang kurang sehat, sebab menekan atau menyesakkan tulang punggung, bahkan kadangkala bisa menyebabkan kita ingin ke toilet/WC.

Tidur Tengkurap : Tidur tengkurap atau menelungkup tidak baik untuk pernapasan. Tidak dibenarkan telungkup dengan posisi perut sebagai tumpuannya baik ketika tidur malam atau pun tidur siang. “Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla.” (HR. Abu Dawud dengan sanad yang shohih)

Posisi Kiri : Tidur dengan bertumpu pada sisi kiri badan (menghadap ke kiri) dapat menghimpit posisi jantung sehingga sirkulasi darah terganggu dan pasokan darah ke otak berkurang. Dengan berkurangnya pasokan darah ke otak, tidur pada posisi kiri dapat pula mengakibatkan kita sering mengalami mimpi-mimpi tidak baik (nightmares), serta berjalan dalam keadaan tidur (somnabulisme).

Tanya-jawab bersama nabi muhammad saw dan ahlul bait as BAB 1

Tanya-jawab bersama nabi muhammad saw dan ahlul bait as
BAB 1

MENGENAL ALLAH

1. Dengan apa manusia mengenal Allah SWT?

* Imam 'Ali bin Abi Thalib as berkata : "Dengan batalnya rencana matang dan hilangnya pelbagai ambisi. Saat aku berambisi, sesungguhnya Dia menengahi antara aku dan ambisiku. Dan saat aku memiliki rencana dan tekad, tiba-tiba qadha-Nya menggugurkan rencanaku. Pada saat itulah aku dapat mengetahui bahwa yang Maha Mengatur bukanlah diriku." (Al-Khishal, hal3, hadis 1)


2. Mengapa Allah SWT tidak menyeragamkan ciptaan-Nya?

* Imam 'Ali Ar-Ridha as berkata : "Agar tidak terlintas dalam benak manusia bahwa Dia tidak mampu." ('Uyun Akhbar ar-Ridha, jil 2, hal75, hadis1)


3. Apakah Allah SWT benar-benar ada?

* Imam 'Ali bin Abi Thalib as berkata : "Sesungguhnya kotoran unta menunjukkan keberadaan unta, kotoran keledai menunjukkan keberadaan keledai, bekas tapak kaki menunjukkan keberadaan pejalan kaki. Lalu, mungkinkah struktur angkasa yang sedemikian halus dan struktur bumi yang demikian kasar tidak menunjukkan keberadan Yang Maha Indah dan Maha Mengetahui?" (jami al-akhbar, hal 4)


4. Apakah dalil ke-Esaan Allah SWT?

* Imam Ja'far Ash-Shadiq as berkata : "Keharmonisan susunan dan kesempurnaan ciptaan sebagaimana firman-Nya :

Sekiranya di langit dan bumi ada tuhan-tuhan selain Allah, tentulah semua itu akan rusak binasa. (QS Al-Anbiya : 22)

(At-tauhid, hal250, hadis 2)
* Imam 'Ali bin Abi Thalib as berkata : "Kalau Tuhan-mu memiliki sekutu, maka tentu Dia akan mengirimkan utusan-utusan-Nya kalian akan melihat peninggalan-peninggalan kerajaan-Nya dan kalian akan mengetahui pebagai Perbuatan dam sifat-Nya. Namun nyatanya Dia adalah Tuhan yang Esa sebagaimana Dia menyifati diri-Nya." (Nahj-al balaghah, surat ke 31, hal 396)


5. Bolehkah manusia bersujud pada selain Allah?

* Imam Ja'far Ash-Shadiq as berkata : "Tidak!"

Lalu beliau di tanya lagi : "Lalu mengapa allah memerintahkan para malaikat untuk bersujud kepada Nabi Adam as?"

Imam Ja'far as menjawab : "Sesungguhnya yang bersujud atas perintah Allah sama saja berssujud kepada-Nya, karena itu adalah perintah-Nya." (Al Ihtijaj, jil 2, hal 81)


6. Mengapa Allah tidak membuat semua mahluk taat kepada-Nya?

* Imam Ja'far Ash-Shadiq as berkata : "Kalau mereka tercipta dalam keadaan taat, maka pahala menjadi tidak layak untuk mereka. Ketaatan yang bukan karena upaya sendiri tidak memerlukan surga ataupun neraka."


7. Bagaimana Allah menghisab mahluk yang sangat banyak?

* Imam 'Ali bin Abi Thalib as berkata : "Sebagaimana Dia memberi rizki kepada mahluk yang sebanyak itu." (Nahj al-balaghah, hal 528, no 300)

8. Adakah ciptaan yang Allah SWT membuat dengan tangan-Nya sendiri?

* Rasulullah Saw bersabda : "Sesungguhnya Allah menciptakan surga aden dengan tangan-Nya, menanam pohon thuba dengan tangan-Nya, menggambar Adam dengan tangan-Nya....dan membuat langit dengan tangan-Nya." (al-bihar, juz 60, hal 243. Note :Jelas bahwa Allah yang Maha Suci tidak berbentuk dan tidak memiliki tangan. Jadi, mungkin yang dimaksud disini adalah mahluk yang diciptakan oleh Allah tanpa perantara hukum kausalitas)


9. Apa asma Allah yang paling agung (al-ism al-a'zham)?

* Rasulullah Saw bersabda : "Semua Nama Allah adalah paling Agung. Kosongkanlah hatimu dari selain-Nya dan berdoalah kepada-Nya dengan nama apapun yang kau kehendaki. Sesungguhnya Allah tidak memiliki nama ini atau nama itu melainkan Dialah Tuhan Yang Maha Esa lagi Maha Perkasa." (al-bihar juz 93, hal 322)

10. Apa makna Ash-Shamad?

* Imam Muhammad al-baqir as berkata : "Tumpuan semua hal kecil ataupun besar" (at-tauhid, hal 94, hadis 10)
BAB 2

MENGENAL PARA NABI


1. Berapakah jumlah para nabi?

* Rasulullah Saw bersabda : "124.000 orang" (al-khisal, hal 524, hadis 13)


2. Mengapa Allah mengutus nabi dan rasul-Nya?

* Imam Ja'far ash-shadiq as berkata : "Agar saat menghadap Allah, tak ada lagi manusia yang berdalih 'tidak datang kepada kami pembawa berita gembira atau peingatan'. Mereka adalah hujjah Allah atas manusia. Tidakkah kau pernah mendengar firman manakala Allah bertanya kepada penghuni neraka tentang para nabi dan rasul :

Apakah belum datang kepada kalian seorang pemberi peingatan? Mereka jawab : Benar, sesungguhnya telah datang kepada kami seorang pemberi peringatan, namun kami mendustakannya. (QS Al-Mulk : 8-9)

(ilal asy-syarai, hal 121, hadis 4, QS al-mulk 8-9)

3. Siapa saja nabi setelah Nuh as yang memiliki kerajaan?

* Abu Ja'far (Imam Muhammad al-baqir as) berkata : "Zulkarnain ( raja Cyrus yang agung), Daud, Sulaiman dan Yusuf" (al-khisal, hal 248, hadis 110)


4. Siapa saja nabi dari bangsa arab?

* Imam Ja'far ash-shadiq as berkata : "Allah tidak mengutus nabi dari bangsa arab kecuali lima : Hud, Shaleh, Ismail, Syu'aib dan Muhammad Saw" (qoshosh al-anbiya, hal 145, hadis 157. Note : nabi syua'ib dalam perjanjian lama dikenal juga dengan nama yitro)

5. Mengapa Allah memberikan mukzizat kepada para nabi dan rasul?

* Imam Ja'far ash-shadiq as berkata : "Agar menjadi bukti kebenaran akan apa yang mereka dakwakan. Mukzizat adalah tanda kebesaran Allah yang tidak diberikan kecuali untuk para nabi, rasul dan imam; supaya manusia dapat mengenali kebenaran mereka yang amanat dan kebohongan para pendusta." (ilal asy-syarai, jil 1, hal 122)


6. Mengapa mukzizat nabi Musa as berupa tongkat sihir, Isa berupa kemamupan menyembuhkan dan nabi Muhammad Saw berupa kefasihan bertutur?

* Imam 'Ali ar-ridha as berkata : "Sesungguhnya Allah mengutus Musa as saat itu ilmu sihir mendomonasi zaman, lalu Allah mendatangkan untuknys sesuatu yang tidak pernah ada tandingannya dengan menggagalkan sihir kaumnya dan mengokohkan bukti kebenaran kenabiannya.


Allah mengutus Isa as manakala banyak manusia dilanda bermacam penyakit sedang pengobatan sangat dibutuhkan, lalu Allah memberinya kemampuan pengobatan yang belum ada sebelumnya.

Dan Allah mengutus Muhammad Saw manakala seni bicara dan sastra diagung-agungkan sehingga beliau Saw mendatangkan kitab-Nya yang berisi wejangan dan hukum yang membidas ucapan mereka dan mengokohkan kebenaran beliau di hadapan mereka." ('uyin akhbar ar-ridha, jil 2, hal 80, hadis 12)


7. Siapa saja nabi yang memiliki 2 nama?

* Imam 'Ali bin Abi Thalib as berkata : "Yusya' bin Nun atau Zulkifli, Ya'qub atau israel, Khidir atau Talia, Yunus atau Dzun Nun, Isa atau al-masih dan Muhammad atau Ahmad, Salawat Allah atas mereka semua."


8. Mengapa Allah memikrajkan nabi Muhammad Saw ke langit?

* Imam Musa bin Ja'far as berkata : "Allah SWT ingin memuliakan para malaikat dan penghuni langit dengan memperlihatkan Rasulullah Saw kepada mereka dan Allah ingin menunjukkan keajaiban dan keagungan-Nya melalui apa yang Allah turunkan untuk beliau Saw" ('ilal asy-syari, hal 132, hadis 2)


9. Kapan nabi Muhammad Saw diperintahkan memindahkan kiblat ke arah Ka'bah?

* Imam Shadiq as berkata : "Setelah beliau kembali dari perang badar" (at-tahdzib, jil2, hal 43, hadis 3)


10. Kenapa Allah SWT menjadikan nabi Muhammad Saw yatim piatu?

* Imam Baqir as berkata : "Supaya beliau tidak punya hak apa pun kepada mahluk" (shahifa ar-ridha, hal 258, hadis 191)


11. Kapan allah SWT mengutus nabi Muhammad Saw?

* Imam 'Ali bin Abi Thalib as berkata : "Pada tanggal 27 rajab" (al-kafi, jil 4, hal 149, hadis 2)


12. Apa yang terjadi ketika nabi Muhammad Saw dilahirkan ke dunia?

* Imam Shadiq as berkata : "Dinding-dinding Kisra menderu keras hungga merobohkan 14 pilarnya, danau menjadi kering, lembah Samawah terasa lengang, api Persia padam padahal api itu tidak pernah padam selama 1000 tahun....dan baju besi Kisra terbelah dari tengah." (amali ash-shadiq, hal 235, hadis 1)


13. Mengapa Allah SWT menjadikan Ibrahim as sebagai Khalil (teman akrab)?

* Imam Shadiq as berkata : "Karena banyaknya beliau bersujud. (dalam riwayat lain : "karena beliau suka memberi makan dan shalat di malam hari kala semua orang terlelap)." (ilal asy-syari, hal 34, hadis 1, 4)


14. Siapakah manusia pertama yang beruban rambutnya?

* Imam 'Ali as berkata : "Ibrahim as" (amali ash-shadiq, hal 235, hadis 1)


15. Siapakah manusia yang pertama kali melakukan khitan?

* Imam Shadiq as berkata : "Ibrahim al-khalil as"(al-ihtjaj, hal 346)

16. Siapakah nabi kembar yang lahir dan meninggal pada waktu yang sama namun seorang diantara mereka hidup 50 tahun dan yang lain hidup hingga 150 tahun?

* Imam Shadiq as berkata : "Uzair dan Ezra. Uzair dimuliakan oleh Allah menjadi nabi dalam usia 20 tahub dan membuatnya terbaring mati selama 100 tahun, lalu Allah menghidupkannya kembali selama 30 tahun. Akhirnya mereka berdua wafat pada waktu yang sama." (al kharajij wal jaraih, jil 1, hal 292)


17. Saudara Yusuf as tidak pernah mencuri piala milik raja. Tapi kenapa Yusuf mengatakan mereka pencuri?

* Imam Shadiq as berkata : "Menreka telah mencuri Yususf as dari ayahnya. Tidakkah kalian amati saat mereka tanya ("kalian kehilangan apa?") mereka jawab ("kami kehilangan gelas raja") dan mereka tidak mengatakan "kalian telah mencuri gelas raja", jadi yang dimaksud adalah kalian telah mencuri Yusuf as dari ayahnya." ('ilal asy-syarai, hal 52, hadis 4)

18. Jiwa apa yang berada dalam jiwa lain namun tiada hubungan rahim atau kekerabatan antara keduanya?

* Imam 'Ali as berkata : "Itulah jiwa nabi Yunus as dalam perut ikan paus" (al manaqib, jil2, hal 384)
Imam Ja'far as adalah salah satu dari ke 12 imam ahlul bait nabi Muhammad Saw, yang juga merupakan keturuan beliau Saw dari jalur imam 'Ali bin Abi Thalib as dan Fathimah Az-Zahra as.

1. Ali bin Abi Thalib (600–661), juga dikenal dengan Amirul Mukminin
2. Hasan bin Ali (625–669), juga dikenal dengan Hasan al-Mujtaba
3. Husain bin Ali (626–680), juga dikenal dengan Husain asy-Syahid
4. Ali bin Husain (658–713), juga dikenal dengan Ali Zainal Abidin
5. Muhammad bin Ali (676–743), juga dikenal dengan Muhammad al-Baqir
6. Jafar bin Muhammad (703–765), juga dikenal dengan Ja'far ash-Shadiq
7. Musa bin Ja'far (745–799), juga dikenal dengan Musa al-Kadzim
8. Ali bin Musa (765–818), juga dikenal dengan Ali ar-Ridha
9. Muhammad bin Ali (810–835), juga dikenal dengan Muhammad al-Jawad atau Muhammad at Taqi
10. Ali bin Muhammad (827–868), juga dikenal dengan Ali al-Hadi
11. Hasan bin Ali (846–874), juga dikenal dengan Hasan al-Asykari
12. Muhammad bin Hasan (868—), juga dikenal dengan Muhammad al-Mahdi
BAB 3

ILMU


1. Siapakah orang yang paling alim (berilmu) setelah paran nabi dan imam?

* Rasulullah Saw bersabda : "Orang yang menggabungkan ilmu sekalian manusia dengan ilmunya" (amali ash-shaduq, hal 7, hadis 4)


2. Dengan apakah ilmu dapat terbuka?

* Rasulullah Saw bersabda : "Ilmu adalah harta simpanan dan kuncinya adalah bertanya" (shahifa ar-ridha, hal 85, hadis 11)


3. Apakah zakat ilmu?

* Rasulullah Saw bersabda : "Mengajarkannya pada mereka yang belum mengetahui" ('uddat ad-da'i, hal 63)


4. Bagaimana adab belajar ilmu?

* Rasulullah Saw bersabda : "Menyerapnya, meyimaknya, menjaganya, lalu mengamalkannya dan menyebarkannya" (al-khishal, hal 245, hadis 101)


5. Berkenaan dengan ilmu, ada empat golongan yang mendapatkan ganjarannya? Sipa saja mereka?

* Imam Baqir as berkata : "Mereka yang bertanya, yang menjadi pembicara, pendengar dan yang mencintai mereka."


6. Apa cara mengikat ilmu?

* Rasul Saw bersabda : "Dengan menuliskannya" ('awali al-lilai, jil 1, hal 68, hadis 119)


7. Apakah pangkal ilmu?

* Rasul Saw bersabda : "Makrifat Allah (mengenal Allah) dengan sesungguhnya." (al-bihar, juz 3, hal 14, hadis 36)


8. Apakah penyakit ilmu?

* Rasul Saw bersabda : "kelupaan" (kanz al-'ummal, jil 10, hal 184)


9. Apakah penyakit ulama?

* Imam Shadiq as berkata : "Tamak, pelit, pamer (riya), suka pujian, mempepanjang pembicaraan namun tak sampai pada inti, memaksa diri untuk memperindah tutur-kata dengan melebih-lebihkan kosakata, kurang malu kepada Allah, membanggakan diri dan meninggalkan amal yang dia ajarkan." (mishbah asy-syariah, hal 20)

10. Kapan seorang alim wajib untuk mengajarkan ilmunya?

* Rasul Saw bersabda : "Jika timbul bid'ah dalam umatku, maka orang-orang alim harus mengajarkan ilmunya." (al-mahasin, hal231, hadis 176)


11. Para ahli fiqih akan menjadi penerus para rasul sepanjang mereka tidak "memasuki dunia". Apa maksudnya?

* Rasul Saw bersabda : "Mengikuti penguasa" ('awali al-li'ali, jil 4, hal 77, hadis 65)


12. Ada dua golongan umat jika mereka baik, maka baiklah semuanya; dan jika mereka rusak, maka rusaklah semuanya. Siapakah mereka?

* Rasul Saw bersabda : "Fuqaha (para ahli hukum agama) dan Umara' (para pejabat pemerintah)" (al-khishal, hal 36, hadis 12)


13. Ahli hukum agama manakah yang selayaknya kita ikuti (taqlid)?

* Imam Shadiq as berkata : "Fuqaha yang menjaga diri dan agamanya, melawan nafsunya dan tunduk pada perintah Tuhannya, maka wajiblah bagi orang-orang awam untuk bertaqlid kepadanya." (tafsir al-imam al-askari, hal 300)
BAB 4

HEWAN-HEWAN


1. Binatang apa yang sempat mendapat fitnah?

* Imam 'Ali as berkata : "Serigala yang dijadikan dalih oleh saudara-saudara nabi Yusuf as" ('uyun akhbar ar-ridha, jil 1, hal 224)


2.Ikan apa yang tidak boleh dimakan?

* Imam Shadiq as berkata : "Yang tidak mempunyai sisik janganlah dimakan" (al-khishal, hal 139)


3. Bagian mana dari kambing yang tidak boleh dimakan?

* Nabi Saw bersabda : "Darah, zakar, kandung kemih, jaringan syaraf dalam tulang punggung, gondok, limpa dan kandung empedu"


4. Siapa utusan Ilahi yang bukan dari golongan jin atau manusia?

* Imam 'Ali as berkata : "burung gagak." (al-manaqib, jil2, hal 384)


5. Apa tiga kelebihan yang dimiliki burung gagak?

* Nabi Saw bersabda : "Menutup diri saat bersetubuh, dini dalam mencari rizki dan penuh kehati-hatiannya" ('uyun akhbar ar-ridha, jil 1, hal 257)


6. Apa nama burung yang menjadi utusan nabi Sulaiman as?

* Imam 'Ali berkata : "Hud Hud" (al-manaqib, jil 2, hal 384)


7. Siapakah yang pernah diberikan wahyu namun bukan dari golongan jin ataupun manusia?

* Imam 'Ali as berkata : "Dan Tuhanmu telah memberi wahyu kepada lebah" (lihat surat An-Nahl)


8. Siapakah yang pernah membawa peringatan kepada kaumnya sedang ia bukan jin atau manusia?

* Imam 'Ali as berkata : "Yaitu semut" ('Uyun akhbar ar-ridha, jil 1, hal 245)
BAB 5

AL-QUR'AN DAN AKAL


1. Surah apakah yang diawali dengan Tahmid (pemujaan), isinya keikhlasan dan akhirnya adalah doa?

* Imam Shadiq as berkata : "Surah al-hamd (al-fatihah)."


2. Apa manfaat membaca surah Yasin?

* Nabi Saw bersabda : "Jika yang membacanya seorang yang lapar maka dia akan kenyang; jika dahaga, ia akan terpuaskan; jika telanjang, dia akan akan mendapatkan pakaian; jika bujang, dia akan menikah; jika sedang takut akan satu hal, dia akan merasa aman; jika sakit, dia akan sembuh; jika dalam penjara, dia akan bebas; jika sedang bermusafir, dia akan mendapatkan pertolongan dalam perjalanan; jika tersesatkan oleh penyesat, maka Allah akan mengembalikan kesesatan itu kepada si penyesat; jika terlilit hutang, dia akan mampu membayarnya; dan jika dibaca di hadapan jenazah, maka pada saat itu juga Allah akan meringankan azab-Nya." (Da'awat ar-Rawandi, hal 215, hadis 579)


3. Apa itu Matsani?

* Imam Shadiq as berkata : "Surah al-fatihah" (tafsir al-'iyashi, jil 1, hal 19/2)


4. Ayat-ayat mana saja dalam Al-Qur'an yang wajib bersujud saat dibaca?

* Imam Shadiq as berkata : "Alif Lam Mim At-Tanzil, Ha Mim As-Sajdah, Wan najmi idza hawa dan Iqra' bismi rabbika. Adapun selainnya dalam Al-Qur'an disunahkan untuk sujud tidak wajib."

(Majma' al-bayan, jil 5, hal 516)

5. Kapankah akal seseorang bertambah dan berkurang?

* Imam Shadiq as berkata : "Akal seseorang bertambah setelah umur 40 tahun dan berkurang setelah usia 60 tahun" (Al-ikhtishas, hal 224)


6. Bagaimana cara menguji akal seseorang?

* Imam Shadiq as berkata : "...Pada pertengahan pembicaraanmu, bicaralah tentang sesuatu yang tidak pernah ada. Jika dia mengingkari, maka dia seorang yang berakal. Namun jika dia membenarkan, berarti dia seorang yang ahmaq (bodoh atau keras kepala)."


7. Siapakah yang tepat disebut 'Aqil (berakal)?

* Imam 'Ali as berkata : "Yaitu seorang yang menempatkan sesuatu pada tempatnya." (Nahj al-balaghah, hal 561 hikmah 235)

8. Bagaimana cara membedakan antara orang yang berakal dan jahil?

* Imam 'Ali as berkata : "Orang berakal (harus diamati) dengan kelakuannya dan orang jahil (harus diamati) dengan perkataannya." (Kanz al-Karajki, jil 1, hal 199)

7 Kehebatan Setan

7 Kehebatan Setan
Subhanallah Allah memeberikan hikmah kepada kita, walaupun dari sesuatu yang amat hina. Salah satu hikmahnya ada pada salah satu ciptaan-Nya yaitu Setan.

Tujuh kehebatan syetan yaitu:
1. Pantang Menyerah
setan tidak akan pernah menyerah sebelum manusia tergelincir
2. kreatif
selalu mempunyai dan mencari kesempatan atau trik baru agar sukses menjerumuskan manusia
3. Konsisten
Tetap menjadi Penggoda manusia nomer satu hingga hari kiamat
4. All out
selalu tampil penuh dan tidak pernah setengah-setengah dalam melakukan tugasnya
5. Kerja Keras
Selalu giat dan rajin seakan mereka tidak pernah lelah ketika menggoda manusia
6. Tanpa Pamrih
Para Setan tidak meminta bayaran alias tanpa pamrih,, hehehe
7. Suka Berteman
Para Setan suka sekali berteman dan dia ingin mempunyai banyak teman manusia agar bisa menemani mereka di neraka

kum kata mutiara yang bermanfaat

Pandanglah segala sesuatu dari kacamata orang lain. Apabila hal itu menyakitkan hatimu, sangat mungkin hal itu menyakitkan hati orang itu pula.

Sejatinya hidup adalah untuk belajar. Belajar untuk berkorban, ikhlas...
Bacalah Alam semesta atas nama Tuhan mu... Karena disana akan menemukan
sejuta makna hidup yang sejati...

Terkadang Allah SWT meminta sesuatu dari kita, karena Dia berkenan untuk menggantikannya dengan yang lebih baik. Namun, kita kadang terlalu naif Menggenggam erat sesuatu yang kita anggap amat berharga, dan tidak ikhlas
bila harus kehilangan. Padahal kita tahu Allah Takkan mengambil sesuatu dari kita jika Ia tidak akan... menggantinya dengan yang lebih baik.

Kita kehilangan banyak hal disepanjang masa hidup.Kehilangan tersebut pada awalnya tampak seperti tidak adil dan merisaukan tapi, Percayalah bahwa itu terjadi supaya ada perubahan positif yg terjadi dalam hidup kita ..

Orang bijaksana selalu melengkapi kehidupannya dengan persahabatan,

Kita hanya bisa hidup sekali saja didunia ini, tetapi jika kita hidup dengan benar, sekali saja sudah cukup..

Persahabatan sejati itu layaknya kesehataN, Nilainya baru kita sadari setelah kita kehilangan. Jalinlah tali persaudaraan dan Segera minta maaflah jika membuat kesaalahan .. .. ..

‎" Kita bisa memulihkan kembali ruang gerak kita, tetapi kita tidak bisa memulihkan kembali waktu " - Napoleon Bonaparte

Kita tidak tahu bagaimana hari esok, yang bisa kita lakukan ialah berbuat sebaik-baiknya dan berbahagia pada hari ini...

Rahasia terbesar dalam hidup adalah melewati hari ini dengan penuh cinta, Ilmu dan Iman. Karna Dngan cinta hidup mnjadi indah, dengan Ilmu hidup menjadi mudah dan dengan Iman hidup menjadi terarah

Raihlah Mimpi2mu, jangn kau biarkan ia hnya sbatas haraP, Wjudkan dngan kyakinan, terus berusha dan iringilah dngan doa2mu. Krna keyakinan sbagai penyemangat dalam setiap usahamu dan Doa' adalah penyempurnaannya...

Setitik air dapat membelah batu bukan karna derasnya tetapi dengan seringnya ia menitik..

Dunia ini ibarat lautan yg luas. Kita adalah kapal yg berlayar dilautan, begitu banyak kapal2 yg telah karam didalamnya. jika muatan kita adalah iman dan layarnya taqwa takwa, niscaya kita akan selamat dan tidak tersesat dilautan hidup ini..

Sahabatku, jangan pernah khawatir tentang ujian Allah. Karna Allah SWT tdak akan memberi beban dluar batas kemampuan hambanya. Slalu tanamkan keikhlasan & kesabaran dalam hati kita.. Bismillah..

‎" Ada 3 orang yg doanya tidak akan ditolak: " Orang yang berpuasa hingga dia berbuka, pemimpin yang adil dan doa orang yang terzalimi, Allah akan angkat doa-doa tersebut di atas awan dan dibukakan untuknya pintu-pintu langit, kemudian Allah berfirman: " Demi keperkasaan-Ku dan keagunganku, Aku pasti akn tolong kamu wla...u pun stelah mlalui masa". H.R. Ahmad

Sahabat, Jangan risau jika kamu tidak selalu mendapatkan apa yg kamu pinta, karna Allah SWT akan mencukupi sgala kebutuhan hambanya. Hiduplah dengan keberanian, hadapi segala hambatan, percayalah Allah bersama orang-orang beriman ^_^

Buya Hamka pernah berkata." Kalau nyata bahwa harta benda tidak dapat menangkis sakit, tidak dapat menolak demam, tidak dapat menghindarkan maut, nyatalah bahwa kesusahan yang menimpa orang kaya, serupa dngan kesusahan yg menimpa orang miskin".

Ali bin Abu Thalib berkata bahwa manusia yang paling lemah ialah orang yg tidak mampu mencari teman. Namun yang lebih lemah dari itu ialah orang yang mendapatkan bnyak teman tetapi menyia-nyiakannya.

‎" Ada manusia yg mati sblum dtng ajalnya, karna dlm kehidupannya tidk memberi manfaat bgi drinya & orang lain, smntara itu ada manusia2 yg trus hidp wlau azal tlh mnjmputnya, karna masa hidupnya slalu digunkn untk melakukn hal2 yg bermanfat sprti Warisan Ilmu pngethuan, anak2 soleh, murid2 yg mlnjutkn misi perjangn di...dunia ini, prjangn yg berkelanjutn itu mnjadikan solah2 ia masih hdup". Al-Qardawi

" Keluarlah dri drimu & serahknlah sglanya kpd Allah. Penuhi hatimu dngn Allah. taatlah kpda perintah-Nya & larikn drimu dri lrangannya, supya nafsu badaniahmu tdk memasuki htimu stlah ia kluar. Untk membuang nafsu2 itu dri hatimu, kmu harus berjuang mlawannya & jngn pernah mnyerah kpdnya dlm keadaan bgimanapun jga & d...lm tempo kpnpun jga ( Syeikh Abdul Qadirjailani)

Lukman Hakim mengatakan:" Jangan sampai ayam jantan lebih pandai darimu. Ia berkokok di waktu subuh, sedang kamu tetap lelap dalam tidur". Smoga kita slalu merasakan keindahan disubuh hari..

Orng yg cntik jlita & rupawan srta memiliki jbtan yg tnggi tpi tdk mngnal allah, tdk bramal shalìh & prbdiny hny mnjdi cönth keburukn mka hidupny hnyalh krugian, krna smua itu tdk abdi..

Thomas Alvs Edison Bereksperimen sampai 9999 kali gagal, baru yang ke 10.000 beliau berhasil menemukan lampu pijar. Bayangkan saja, bila beliau berputus asa atas kegagalan-kegalannya, dunia tak akan pernah terang benderang seperti skarang ini... Kegagalan adalah awal dai kemenangan )

Carilah ketenangan melalui beribadah kepada tuhan. Karna begitu bnyak kebahagiaan duniawi yg selalu memalingkan hati dri mengingat hari pembalasan, hari dmana tiada yg menjdi penolong bgi qt slain amal salih yg qt lakukan

Saat tuhan menjawab doamu, Ia menambahkan imanmu. Saat Tuhan belum menjawab doamu, Ia menambah kesabaranmu. Saat tuhan sudah menjawab tetapi bukan doamu, Ia mau memberimu yang terbaik... :->

Miliki hati yang tak pernah membenci, Sebuah senyuman yang takkan pudar, sebuah sentuhan yang takkan pernah menyakiti dan sebuah kasih sayang yang takkan pernah berakhir

" Wahai manusia, Ambillah sejenak Waktumu untuk bercermin ! dan berfikirlah bahwasanya kecantikan itu akan berubah menjadi tua hal ini ibarat bngunan yg hancur dan jnganlah pernah tertipu oleh keindahan yang ada di cermin". ( RumI )

Orang yang tulus selalu membuat orang lain merasa aman karna mereka tidak khawatir akan dibodohi, tidak suka mengada2 apa lagi memutar balikan fakta ..

Mari sama-sama berusaha untuk selalu mensyukuri segala apa yg kita miliki. Karana disana masih banyak yang tidak memiliki apa yang kita miliki.. Berusaha & Tawakal.

Rumi mengatakan: " Mereka yang jatuh cinta kepada dunia seperti pemburu yang menembak bayangan; bagaimana mungkin bayangan datang kepada mereka? sperti orang bodoh mencoba menangkap bayangan burung, tetapi burung dicabang itu bingung tentng apa yg dilakukannya ."

Memberi makan tubuh kita terlalu berlebihan itu tidak baik, karna pada akhirnya tubuh ini harus dikorbankan kepada bumi, Alangkah baiknya memberi makan hati kita ini, karna hanya hatilah yang akan pergi kesyurga dan akan dihormati..

Yang namanya ibadah bukan hanya shalat, zakat, puasa atu membaca Al-Quran saja, tetapi bekerja, mengabdi kepada masyarakat, Negara dan Bangsa dengan niat Lillahi Ta'ala itu pun termasuk ibadah...

Socrates berkata, " Kesedihan membuat akal terpana dan tidak berdaya. Jika kamu tertimpa kesedihan, terimalah dia dengan keteguhan hati dan berdayakanlah akal untuk mencari jalan keluar".

Sahabat, mngkin 4 atau 5 tahun lgi dri skrang orang2 dsekeliling qt udh lupa apkah qt dulu mndapt nilai A atau C, atau dlu kita berdiri diatas mimbar dengn kata2 yang mengagumkan. Smua itu pasti udh dlupakn orng2. Namun mereka slalu mengingat stiap detik2 perhatian yang qt berikan dngan tulus walaupun hanya sedikit ^ ^

" Senyum adalah pesan kebahagiaan yang paling cepat sampai kehati. Jangan menunggu bahagia untuk tersenyum, tapi tersenyumlah untuk menyambut kebahagiaan.. "

Sahabat: " jangan pernah mengutuk proses waktu, bersabarlah.. Sebesar apa pun ujian hidup dan masalah yang menimpamu, ingatlah selalu bahwa kekuasaan Allah tidak terbatas.. jangan putus asa.. ayo semangattt ..." ^ ^

‎" Dunia ini hanya smentara akan ada kehidupan yg abadi kelak, dmana kita dimintai pertanggung jawaban atas sgala amal & perbuatan kita, so, walaupun kadang kala kamu Silau kepada dunia, ingatlah slalu dri mana kita berasal dan kemana kita akan kembali. ~_^ "

‎" kadang Seseorang berfikir bahwa kematian adalah kehilangan yang terbesar akan tetapi ada hal yang jauh lebih besar dari kematian yaitu hilangnya asa seseorang ketika ia masih hidup"

Banyak orang yang berdoa untuk meminta kebahagiaan, kekayaan dan kesejahtraan tapi sangat sedikit orang yang berdoa untuk meminta kesabaran, padahal dengan kesabaran orang akan bahagia walaupun dia dalam kesusahan...

Segala yg berlaku tetaplah ketetapan-Nya, sekuat apapun usaha kita jika tidak sejalan dengan kehendaknya, maka takkan pernah terjadi, mengapa kamu mubazirkan waktumu? dan mengapa kamu habiskan air matamu? untuk orang yang belum menjadi milikmu? Untuk apa? ~_

Senin, 07 Maret 2011

http://www.scribd.com/doc/49765811/CATATAN-GURU-nDESO
peeenting tentang ptk

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Dewasa ini pembangunan di Indonesia antara lain diarahkan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki peran yang strategis dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga tidak berlebihan bila hal ini sering dijadikan parameter untuk mengukur tingkat kemajuan suatu bangsa. Sehubungan dengan hal itu, pendidikan merupakan salah satu wahana yang dapat memberi kontribusi dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dan berpotensi.
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang


Dewasa ini pembangunan di Indonesia antara lain diarahkan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas. Ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki peran yang strategis dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga tidak berlebihan bila hal ini sering dijadikan parameter untuk mengukur tingkat kemajuan suatu bangsa. Sehubungan dengan hal itu, pendidikan merupakan salah satu wahana yang dapat memberi kontribusi dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dan berpotensi.
Keberhasilan program pendidikan melalui proses belajar mengajar di sekolah sebagai lembanga pendidikan formal dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu siswa, tenaga pendidikan, biaya, sarana dan prasarana, serta lingkungan. Apabila faktor-faktor tersebut dapat dipenuhi sudah tentu akan memperlancar proses belajar mengajar, yang dapat menghasilkan pencapaian hasil belajar yaitu lulusan sekolah yang bermutu.
Berbicara mengenai mutu pendidikan berarti secara tidak langsung menyinggung peran aktif seorang guru di dalam kelas. Seorang guru dituntut mampu menciptakan suasana belajar mengajar yang mampu memotivasi siwa agar senantiasa belajar dengan baik dan bersemangat.
Hal terpenting lainnya yang harus dimiliki seorang guru sebagai pengajar adalah kemampuan dalam memilih sekaligus menggunakan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran sungguh membawa pengaruh yang sangat besar terhadap hasil usaha kita sebagai guru.
Pembelajaran matematika yang berkualiatas sangat diperlukan, karena disamping mendasari pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, matematika dapat melatih siswa untuk berpikir secara logis, rasional, oprasional dan terukur sesuai dengan karakter ilmu. Oleh karena itu, matematika yang diajarkan di sekolah-sekolah harus dikuasai sedini mungkin oleh para siswa. Gambaran penguasaan konsep matematika oleh siswa dapat dilihat pada hasil balajar yang telah dicapai siswa untuk mata pelajaran matematika.
Dalam pembelajaran di sekolah, pelajaran matematika pada umumnya kurang diminati oleh siswa. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran matematika diperlukan suatu model pembelajaran yang baru dan bervariasi yang dapat membangkitkan daya kreativitas dan motivasi siswa untuk belajar secara mandiri dan bekerja sama dengan siswa lain dalam kelompok-kelompok belajar siswa. Ketelitian dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran yang banyak melibatkan siswa secara aktif dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan potensi yang dimiliki, sehingga secara tidak langsung berdampak pada peningkatan hasil belajar matematika siswa.
Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara singkat dengan guru bidang studi matematika kelas VII1 MTsN Konda pada tanggal 31 Agustus 2009, diperoleh keterangan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VII1 masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata semester satu yang diperoleh satu tahun terakhir sebesar 50,25. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan karena siswa kesulitan dalam memahami materi matematika. Banyak faktor penyebab sehingga siswa tidak memahami dengan baik materi matematika yang diajarkan oleh guru. Salah satu faktor penyebabnya adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menyajikan materi matematika.
Berdasarkan hasil perbincangan dengan guru matematika kelas VII¬¬¬¬¬¬1 MTsN Konda pada saat observasi menunjukan bahwa model pembelajaran yang digunakan adalah konvensional yaitu model pembelajaran yang berpusat pada guru. Dengan model pembelajaran konvensional siswa kurang aktif dalam mengikuti pelajaran dan kurang diberi kesempatan untuk berdiskusi dalam menjawab suatu permasalahan sehingga kreatifitas siswa kurang berkembang karena tidak terbiasa untuk bekerja sama dalam menyelesaikan permasalahan.
Banyak materi-materi natematika yang masih sulit dipahami oleh siswa. Rendahnya pemahaman siswa terhadap materi-materi matematika merupakan uatu masalah karena akan berdampak pada penguasaan pemahaman materi belajar siswa pada konsep-konsep selanjutnya. Diantara materi yang dianggap sulit oleh siswa di sekolah tersebut dan berpengaruh pada materi selanjutnya yang diperoleh pada observasi awal adalah Persamaan Linear Satu Variabel.
Dengan melihat fenomena tersebut, maka diperlukan solusi yang tepat dengan mengupayakan perbaikan proses pengajaran melalui model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif adalah pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang mengutamakan kerja sama antar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujun pembelajaran kooperatif adalah untuk membangkitkan interaksi yang efektif diantara anggota kelompok melalui diskusi. Interaksi yang efektif dimungkinkan semua anggota kelompok dapat menguasai materi pada tingkat yang relatife sejajar. Model pembelajaran kooperatif dapat melatih siswa untuk lebih berpikir dan bertindak secara mandiri ditengah kebersamaan melalui suatu kelompok kecil, sehingga siswa akan lebih mengenal satu sama lain dengan berbagai latar belakang yang berbeda, dengan demikian siswa akan terlatih untuk mengerjakan berbagai permasalahan.
Pembelajaran kooperatif dengan bermacam-macam pendekatan, guru dapat memilih pendekatan yang sesuai dengan tujun yang hendak dicapai. Pendekatan-pendekatan pada model pembelajaran kooperatif yaitu tipe STAD (Student Teams Achiefement Divisions), tipe jigsaw, tipe infestigasi kelompok dan tipe pendekatan structural. Namun dalam penelitian ini hanya menggunakan satu pendekatan yaitu pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Tipe ini dipilih oleh peneliti sebab memiliki cirri khas yaitu dnya kelompok asal dan kelompok ahli. Dengan adanya kelompok ahli peneliti berharap nantinya siswa yang kurang kemampuannya akan terpacu untuk mengikuti teman-temannya yang kemampuannya lebih tinggi sebab ia diberi kesempatan dan tanggung jawab untuk menguasai satu materi pelajaran, untuk kemudian dapat dijelaskan kepada teman-temannya dikelompok asal.
Berdasarkan uraian diatas, maka peneliti mencoba mengadakan suatu penelitian tindakan kelas dengan judul “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Persamaan Linear Satu Variabel Melalui Model Pembelajaran Koopertif Tipe Jigsaw Kelas VII1 MTsN Konda”. Siswa pada Pokok Bahasan Persamaan Linear Satu Variabel Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas VII1 MTs Konda“.
B. Rumusan Masalah

Berdasarkan pada uraian latar belakang, maka masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : Apakah hasil belajar matematika pada pokok bahasan Persamaan Linear Satu Variabel siswa kelas VII1 MTsN Konda dapat ditingkatkan melalui model Pemnelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw ?
C. Tujuan Penelitian

Sesuai dengan rumusan masalah yang telah dikemukakan sebelumnya, maka peneliti bertujuan “Meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII1 MTsN Konda pada pokok bahasan Persamaan Linear Satu Variabel melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.




D. Manfaat Penelitian

Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat :
1. Bagi guru : dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, guru dapat memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran matematika dikelas , sehingga materi pembelajaran matematika yang dianggap sulit bagi siswa dapat dipahami dengan baik.
2. Bagi siswa: dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa khususnya pada pokok bahasan Persamaan Linear Satu Variabel .
3. Bagi sekolah : sebagai bahan masukan yang baik pada sekolah dalam rangka perbaikan pembelajaran matematika pada khususnya.



BAB II
KAJIAN PUSTAKA


1. Pengertian Belajar
Pada hakekatnya belajar adalah sutu proses usaha sadar yang dilakukan secara terus menerus melalui bermacam macam aktifitas pengalaman untuk mencapai pengetahuan baru sehingga menyebabkan perubahan tingkah laku yang menetap. Berikut dikemukakan pengertian belajar oleh para ahli. Perubahan sebagai hasil belajar dapat ditunjukan dalam berbagai bentuk seperti perubahan pemahaman, perubahan pengetahuan, perubahan sikap dan tingkah laku, daya penerimaan dan lain-lain aspek yang ada pada inddividu siswa (Sudjana, 2000:28).
Belajar dapat diartikan sebagai perubahan tingkah laku pada diri individu berkat adanya interaksi antara individu dengan individu dan individu dengan lingkungannya sehinigga mereka lebih mampu berinteraksi dengan lingkungannya (W. H. Burton dalam Usman 1993:4). Sunarto (2002: 7) mengemukakan bahwa belajar pada dasarnya merupakan proses perubahan tingkah laku berkat adanya pengalaman. Perubahan tingkah laku yang dmaksud meliputi perubahan pemahaman, pengetahuan, sikap, keterampilari, kebiasaan dan apresiasi. Seiangkan yang dimaksud dengan pengalaman dalam proses belajar adalah terjadinya intaraksi antara individu dengan lingkungannya. Belajar itu senantiasa merupakan perubahan tirgkah laku atau penampilan dengan serangkaiari kegiatan misalnya dengan membaca, mengamati, mendengarkan dan sebagainya (Syah, 2003: 20).
Dan beberapa pengertian belajar yang dikemukakan para ahli dapat disimpulkan bahwa belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku yang mengakibatkan bertambahnya pengetahuan, keterampialan, nilai dan sikap yang diperoleh dari interaksi individu dengan lingkungannya dan perubahan terjadi bersifat relatif, konstan dan berbekas.
2. Pengertian Mengajar
Mengajar merupakan usaha pengorganisasian lingkungan sebagai penciptaan kondisi belajar bagi siswa, guru berkewajiban menyediakan lingkungan yang serasi agar aktifitas belajar menuju kearah sasaran yang diinginkan (Hamalik, 2001:48). Sudjana (2000:29)mengemukakan bahwa pada hakikatnya mengajar adalah suatu proses, yakni proses mengatur, mengorganisasikan lingkungan yang ada disekitar siswa sehingga dapat menimbulkan dan mendorong siswa melakukan proses belajar.
Syah (2003: 25) mengemukakan bahwa mengajar sebagai suatu usaha menciptakan sistem lingkungan yang menunjang proses belajar. Sedangkan menurut Sardiman (2003: 3) mengajar adalah kegiatan menyediakan kondisi yang merangsang serta mengarahkan kegiatan belajar siswa/subyek belajar untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang dapat membawa perubahan tingkah laku serta kesadaran diii sebagai pribadi.
Dan pendapat beberapa ahli dapat dikatakan bahwa mengajar merupakan proses mengoiganisasi lingkungan di sekitar peserta didik agar tercipta lingkungan belajar yang kondusif serta meningkatkan terjadinya proses belajar untuk mencapai tujuan belajar yang optimal.
3. Proses Belajar Mengajar Matematika
Belajar mengajar matematika pada prinsipnya adalah usaha untuk mencari pegetahuan baru guna mengatasi masalah-masalah yang ada. Sama halnya dengan belajar secara umum, belajar matematika adalah belajar yang dilakukan secara sadar dan terencana dan didalamnya dibutuhkan suatu proses aktif individu agar dapat berpikir secara matematis yang berdasarkan aturan yang logis dan sistematis. Proses belajar matematika akan lebih optimal jika sesuai dengan kesiapan siswa untuk belajar. Simanjuntak (1993:65) mengemukakan bahwa keberhasilan proses belajar matematika tidak lepas dari persiapan peserta didik dan persiapan oleh tenaga pendidik sebidangnya dan bagi peserta didik yang sudah mempunyai minat (sikap) untuk belajar matematika akan merasa senang dan penuh perhatian mengikuti proses belajar tersebut.
Menurut Winataputra (1992:170) menyatakan bahwa balajar matematika akan lebih berhasil jika proses pengajarannya diarahkan kepada konsep-konsep dan struktur-struktur yang termuat dalam pokok bahasan yang diajarkan, di samping hubungan yang terkait antara konsep-konsep dan struktur-struktur. Dengan demikian dalam mengajarkan suatu pokok bahasan tertentu mata palajaran matematika, guru harus mampu memilih pendekatan, strategi, metode dan model pembelajar yang sesuai dengan karakteristik pokok bahasan, agar tujuan pembelajaran tercapai secara baik.
Didalam proses belajar-mengajar untuk mata pelajaran matematika harus memperhatikan karakteristik matematika. Sumarmo (2002: 2) mengemukakan beberapa karakteristik matematika yaitu : materi matematika menekankan penalaran yang bersifat dedukti dan dalam mempelajani Thatematika dibutuhkan ketekunan, keuletan, serta rasa cinta teri-adap matematika. Karena matematika bersifat hierarkis dan terstruktur maka dalam belajar inatematika urutan materi harus dipei’hatikan, artinya perlu mendahulukan tentang konsep natematika yang mempunyai daya bantu terhadap konsep matematika yang lain.
Dari beberapa pendapat para ahli, maka dapat disimpulkan bahwa mengajar matematika adalah proses untuk menanamkan pemahaman yang logis dan sistematis kepada siswa dengan menggunakan daya nalar yang tinggi serta mengaitkan antara konsep-konsep dan struktur-struktur yang termuat dalam pokok bahasan yang diajarkan.
4. Hasil Belajar Matematika
Hasil belajar matematika tidak lain adalah hasil terakhir dari proses balajar matematika sebagai perwujudan segala upaya yang telah dilakukan selama proses itu berlangsung. Sementara itu, pencapaian hasil belajar lebih sering dikaitkan dengan nilai perolehan siswa setelah proses belajar mengajar dan evaluasi yang diberikan. Prestasi belajar yang diperoleh setelah terjadinya proses belajar merupakan bukti utama dari proses belajar.

Hasil belajar di sekolah adalah nialai perolehan siswa terhadap suatu pelajaran tertentu yang selanjutnya dikenal sebagai “prestasi belajar”. Sejalan dengan itu Nasution (1990:12) menyatakan bahwa hasil belajar adalah hasil belajar dari suatu individu tersebut berinteraksi secara aktif dan pasif dengan lingkungannya. Pendapat lain pula dikemukakan oleh Sukardi (1998:51) bahwa hasil belajar adalah suatu bukti keberhasilan usaha belajar yang dicapai dalam kurung waktu tertentu. Sedangkan dalam kamus Besar Bahasa Indonesia (2001:895) menyatakan bahwa hasil belajar adalah hasil yang telah dicapai dari hal yang telah dilakukan, dikerjakan dan lainnya, yang lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka yang diberikan oleh guru.
Seorang siswa yang belajar matematika, akan berusaha untuk dapat memahami materi pelajaran matematika yang telah dipelajarinya. Keberhasilan yang dicapai siswa dalam menguasai materi pelajaran yang telah dipelajarinya disebut prestasi belajar matematika.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika adalah hasil yang dicapai oleh siswa setelah mengikuti suatu tes matematika dan penilaiannya didasarkan pada standar tertentu.
5. Persamaan Linear Satu Variabel
Persamaan linear adalah kalimat terbuka yang memiliki hubungan sama dengan dan variabelnya berpangkat satu (M. Cholik, dkk, 2003:164). Menurut Sugijono (1998:88) kalimat terbuka adalah kalimat yang belum diketahui nilai kebenarannya (benar atau salah). Lanjut Sugijono (1999: 98) variabel atau peubah adalah lambang atau simbol yang terdapat pada kalimat terbuka yang dapat diganti oleh sebarang anggota dari Persamaan Linear Satu Variabel semesta, sehingga menjadi kalimat benar atau salah.
Persamaan linear satu variabel adalah persamaan yang terdiri dari satu variabel dan variabel tersebut berpangkat satu.
Contoh persamaan linear satu variabel :
a. 2x + 6 = 8
b. 2 - 3a = 5
c. 3t – 7 = 2t + 8
6. Model Pembelajaran Kooperatif
Pembelajaran kooperatif adalah suatu sistem yang didalamnya terdapat elemen-elemen yang saling terkait. Adapun berbagai elemen dalam pembelajaran kooperatif adalah adanya : (1) saling ketergantungan positif; (2) interaksi tatap muka; (3) akuntabilitas individual; (4) keterampilan untuk menjalin hubungan antar pribadi atau keterampilan sosial yang secara sengaja dianjurkan (Abdurrahman & Bintoro, dalam Nurhadi, 2003:60).
Pembelajaran kooperatif menurut Johnson dalam Ismail (2002:12), adalah model pembelajaran yang mengutamakan adanya kerja sama, yakni kerja sama antar siswa dalam kelompok untuk mencapai suatu pembelajaran. Tujuan model pembelajaran kooperatif adalah hasil belajar akademik siswa meningkat dan siswa dapat menerima berbagai keragaman dari temannya, serta pengembangan keterampilan siswa.
Menurut Nur (2000), prinsip dalam pembelajaran kooperatif adalah :
1. Setiap anggota kelompok (siswa) bertanggung jawab atas segala sesuatu yang dikerjakan dalam kelompoknya.
2. Setiap anggota kelompok (siswa) harus mengetahui bahwa semua anggota kelompok mempunyai tujuan yang sama.
3. Setiap anggota kelompok (siswa) harus membagi tugas dan tanggung jawab yang sama diantara kelompoknya.
4. Setiap anggota kelompok (siswa) akan dikenai evaluasi.
5. Setiap anggota kelompok (siswa) berbagi kepemimpinan dan membutuhkan keterampilan untuk belajar bersama selama proses belajarnya.
6. Setiap anggota kelompok (siswa) akan diminta mempertanggungjawabkan secara individual materi yang ditangani dalam kelompok kooperatif.
Ciri-ciri model pembelajaran kooperatif menurut Hartadji (2001:34) antara lain: (1) Siswa bekerja dalam kelompok secara kooperatif untuk menuntaskan materi belajar sesuai kompetensi dasar yang akan dicapai ; (2) Kelompok dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan yang berbeda-beda, baik tingkat kemampuan tinggi, sedang dan rendah ; (3) Jika mungkin, anggota kelompok berasal dari ras, suku, dan budaya yang berbeda ; (4) Penghargaan lebih berorientasi pada kelompok daripada masing-masing individu.




Terdapat enam langkah dalam model pembelajaran kooperatif :
Langkah Indikator Tingkah Laku Guru

Langkah 1 Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengkomunikasikan kompetensi dasar yang akan dicapai serta memotivasi siswa
Langkah 2 Menyajikan informasi Guru menyajikan informasi kepada siswa
Langkah 3 Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar. Guru menginformasikan pengelompokan siswa.
Langkah 4 Membimbing kelompok belajar. Guru memotivasi serta memfasilitasi kerja siswa dalam kelompok-kelompok belajar.
Langkah 5 Evaluasi. Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Langkah 6 Memberikan penghargaan. Guru memberi penghargaan hasil belajar individual dan kelompok.
(www.ppp pembelajaran kooperatif.co.id:3)

6. Model Pembelajaran Tipe Jigsaw
Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dikembangkan dan diujicoba oleh Elliot Arronson di Universitas Texas dan kemudian diadaptasi oleh Slavin dan teman-temanya di Universitas John Hopkins. Dalam penerapannya model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil dengan 5 sampai 6 orang anggota kelompok yang heterogen. Materi pelajaran diberikan kepada siswa dalam bentuk teks. Setiap anggota bertanggung jawab untuk mempelajari bahan tertentu, bahan yang diberikan itu. Anggota dari kelompok lain yang mendapat topik tugas yang sama berkumpul dan berdiskusi tentang topik tersebut. Kelompok ini disebut kelompok ahli. Selanjutnya anggota dari kelompok tim ahli kembali ke kelompok asal dan mengajarkan apa yang telah dipelajarinya dikelompok ahli kepada teman kelompoknya (Ibrahim, 2000:21).
Tujuan teknik Jigsaw menurut Anam (2000:3) adalah sebagai berikut :
1. menyajikan metode alternatif disamping ceramah dan membaca
2. mengkaji kebergantungan positif dalam menyampaikan dan menerima informasi diantara anggota kelompok untuk mendorong kedewasaan berfikir
3. menyediakan kesempatan berlatih bicara dan mendengarkan untuk kognisi siswa dalam menyampaikan informasi.



Langkah-langkah teknik Jigsaw menurut Anam (2000:3) adalah sebagai berikut :
1. tahap kooperatif
pada tahap ini siswa ditempatkan dalam kelompok kecil dengan beranggotakan 5 siswa atau lebih. Kelompok ini disebut kelompok kooperatif dan menerima sebagain informasi atau bacaan dari satu paket informasi yang segera dibahas/dipecahkan dalam kelompok kooperatif tersebut.
2. tahap ahli
sebagai anggota yang mendapat tugas tertentu siswa mendapat tugas yang sama melakukan hal-hal sebagai berikut :
- belajar bersama dan menjadi ahli dalam bidang informasi (bacaan) yang menjadi tugas anda.
- memecahkan cara mengajarkan informasi (isi bacaan) yang telah dikuasai kedalam kelompok kooperatif.
3. Tahap lima serangkai
Pada tahap ini siswa kelompok ahli kembali kekelompok kooperatifnya (kelompok asal) dan mengajarkan informasi atau penyelesaian masalah yang telah dikuasai kepada anggota yang lain. Pada akhir tahap lima serangkai setiap kelompok menghasilkan pemecahan masalah yang merupakan hasil kelompok kooperatif (kelompok asal). Dengan sendirinya kualitas pemecahan masalah akan lebih baik karena dikerjakan bersama oleh para ahli bidangnya.

Bagan pembelajaran kooperati tipe Jigsaw
Kelompok Asal
5 atau 6 anggota yang heterogen dikelompokkan




(Tiap kelompok memiliki satu anggota dari tiap tim asal)
(Ibrahim dkk, 2000:20)

7. Kerangka Berfikir
Proses belajar seorang siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Agar prestasi belajar yang baik tercapai maka harus diupayakan seluruh faktor yang ada dapat mendukung proses belajar seorang siswa. Demikian pula halnya dengan proses belajar matematika.
Penggunaan model pembelajaran yang dapat membangkitkan minat dan kreatifitas belajar matematika sangat penting sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model pembelajaran yang secara prosedural dirancang untuk membangkitkan minat dan kreatifitas siswa. Model pembelajaran kooperatif yang mengutamakan kerja sama antara siswa dalam kelompok-kelompok kecil dalam mempelajari materi pelajaran melalui diskusi memungkinkan siswa mempunyai kesempatan yang luas untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Pemantauan yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan kelompok memungkinkan guru dapat mengetahui siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran dan guru dapat memberikan bimbingan secara langsung kepada siswa tersebut, dengan demikian akan jarang ditemukan siswa-siswa yang tidak memahami materi pelajaran ketika materi pelajaran disajikan.
Khususnya untuk model pembelajaran tipe Jigsaw, siswa diberikan beban dan tanggung jawab untuk menguasai bagian tertentu dari materi pelajaran yang selanjutnya diajarkan kembali kepada teman dalam kelompoknya akan membuat siswa lebih termotivasi untuk memahami materi pelajaran.
8. Hasil Penelitian yang Relevan
Hasil penelitian yang relevan dengan penelitian ini adalah:
1. penelitian yang dilakukan oleh Nuryadi (2004), menyimpulkan bahwa hasil belajar matematika kelas 1 SMP Negeri 1 Kendari tahun pelajaran 2003/2004 yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw lebih efektif dari pada diajar metode konvensional yang dilihat dari rata-rata belajarnya.
2. penelitian yang dilakukan oleh Susilayanti (2006), menyimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 9 kendari pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus dapat ditingkatkan.
Dengan demikian penggunaan model pembelajaran kooperatif, khususnya tipe Jigsaw memungkinkan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.

9. Hipotesis Tindakan
Berdasarkan kajian pustaka, maka hipotesis dalam penelitian ini adalah: ”Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw prestasi belajar matemaika pada pokok bahasan Persamaan Linier Satu Variabel pada siswa kelas VII1 MTsN Konda dapat ditingkatkan.











BAB III
METODE PENELITIAN

1. Jenis Penelitian
Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas, karakteristik yang khas dari penelitian tindakan kelas ini adalah adanya tindakan (aksi) tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar.
2. Setting Penelitian
Penelitian direncanakan akan diadakan di kelas VII1 MTsN Konda pada semester ganjil tahun 2009/2010, dengan jumlah siswa 40 orang.
3. Faktor yang di selidiki
a. Faktor siswa : melihat kemampuan siswa dalam mempelajari matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw khususnya pada saat mempelajari pokok bahasan Persamaan Linear dengan Satu Variabel.
b. Faktor guru : melihat bagaimana materi pelajaran dipersiapkan dan bagaimana teknik yang digunakan oleh guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam mengajarkan matematika pada pokok bahasan Persamaan Linear Satu Variabel.
c. Faktor sumber pelajaran : melihat apakah sumber pelajaran dapat mendukung model pembelajaran yang diterapkan.


4. Rencana Tindakan
Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus dengan tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang ingin dicapai pada faktor-faktor yang diselidiki.
Setiap siklus dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian berikut : (1) perencanaan ; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi dan evaluasi; (4) refleksi.
Secara rinci prosedur penelitian tindakan kelas ini dijabarkan sebagai berikut :
1. perencanaan : adapun kegiatan yang dilakukan pada tahap ini meliputi :
a. membuat skenario pembelajaran
b. menyiapkan LKS untuk membantu siswa dalam memahami materi yang diajarkan
c. membuat observasi untuk siswa dan guru guna melihat bagaimana kondisi belajar mengajar di kelas ketika model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw diterapkan.
d. Membuat alat evaluasi untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa dapat ditingkatkan.
e. Membuat jurnal untuk refleksi diri
2. pelaksanaan tindakan : kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah melaksanakan skenario pembelajaran yang telah dibuat yaitu :
a. Pendahuluan
- menyampaikan tujuan pembelajaran
- menjelaskan model pembelajaran yang akan dilaksanakan
b. Kegiatan inti
- memberi materi pengantar tentang persamaan linear satu variabel
- menetapkan siswa secara berkelompok sesuai model pembelajaran yang akan digunakan.
- Mengajukan soal-soal (LKS).
- Menyuruh siswa berdiskusi dalam kelompok ahli.
- Memantau dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan
- Menyuruh siswa kembali ke kelompok asalnya.
- Meminta beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya
c. Penutup
- Membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran
- Memberikan PR kepada siswa
3. Observasi dan evaluasi : pada tahap ini dilaksanakan observasi terhadap pelaksanaan tindakan kelas serta melakukan evaluasi.
4. Refleksi : pada tahap ini, hasil yang diperoleh pada tahap observasi dan evaluasi sebelumnya dikumpulkan dan dianalisis. Jika belum memenuhi indikator keberhasilan, maka penelitian dilanjutkan ke siklus berikutnya dan kelemahan/kekurangan yang terjadi pada siklus sebelumnya dituliskan pada jurnal untuk diperbaiki pada siklus berikutnya.


5. Data dan Teknik Pengambilan Data
1. sumber data : guru dan siswa
2. Jenis data : yaitu berupa data kuantitatif yaitu diperoleh dari tes prestasi belajar dan data kualitatif diperoleh dari lembar observasi dan jurnal.
3. Tehnik pengambilan data :
a. Data mengenai proses pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw diambil dengan menggunakan lembar observasi.
b. Data mengenai prestasi belajar matematika diambil dengan menggunakan test.
c. Data mengenai refleksi diri diambil dengan menggunakan jurnal.
6. Indikator Kerja
Sebagai indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini adalah minimal 75% siswa telah mengalami ketuntasan belajar secara perorangan. Sedang siswa dikatakan telah mengalami ketuntasan belajar secara perorangan apabila siswa tersebut telah memperoleh nilai minimal 6,0. Dari segi proses, tindakan dikatakan berhasil apabila minimal 85% proses pelaksanaan tindakan sesuai dengan skenario pembelajaran.





Skema Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)











(Anonim, 1999: 27)









BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
1. Kegiatan Pendahuluan
Pelaksanaan penelitian diawali dengan kegiatan observasi awal dan kegiatan wawancara dengan guru bidang studi matematika kelas VII1 MTs Negeri 1 Konda pada tanggal 31 Agustus 2009. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara tersebut yakni salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar siswa disebabkan oleh model pembelajaran yuang digunakan oleh guru yang masih menggunakan model pembelajaran konvesisonal sehingga untuk mengatasi hal tersebut, maka diputuskan untuk menerapkan model pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw dalam mengajarkan matematika pada pokok bahasan persamaan linear satu variabel pada kelas VII1 MTs Negeri 1 Konda.






DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III. Jakarta : Balai Pustaka
Anam, khoirul. 2000 koo p. Implementasi eratif learning adaptasi model jigsaw dan field study. Jakarta : Dirjen Dinasmen.
Hamalik, oemar. 2001. Pelaksanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Jakarta :Bumi Aksara.
Hartaji,mirsyafei. 2001. Pengembangan dan uji coba perangkat kontekstual teaching and learning. Jakarta : depdiknas
Ibrahim,muslimin dkk. 2000. Pengembangan kooperatif. Surabay : universitas press.
Ismail. 2002. Model-model pembelajaran. Jakarta depdiknas.
m. cholik,A dkk. 2000. Matematika untuk SMP Kelas VII. Jakarta : erlangga
nasution,A.H. 1990. Landasan matematika. Jakarta : bharata karya aksara.
Nur,muhamad. 2000. Pemebelajaran kooperatif unruk kelas ipa. Surabaya : UNESA.
Nurhadi. 2003. Pembekajaran kontekstual (contextual Teaching and learning/CTL) dan penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang.
Sardiman. 2003. Interaksi dan motifasi belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Simanjuntak. 1993. Metode mengajar matematika jilid I. Jakarta : Rineka Cipta.
Sudjana,nana. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.
Sugijono. 1999. Seribu pena matematika SLTP Kelas I. Jakarta : Erlangga.
Sukardi. 1998. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta : CV Rajawali.
Sumarno,Utari. 2002. Alternatif pembelajaran matematika dan implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Bandung : FMIPA-UPI.
Sunarto,sunaryo. 2002. Inetraksi pengajaran dan pengelolaan kelas. Jakarta : Dirjen Diknasmen Depdiknas.
Syah,muhibbin. 2003. Psikologi belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
www. Ppp. Pembelajaran kooperatif.co.id.11 september 2009. 14:12 PM

Template by : kendhin x-template.blogspot.com